Kamis, 02 Desember 2010

Spesifikasi dan Fitur Bluetooth

Spesifikasi Bluetooth ini dikembangkan pada tahun 1994 oleh Jaap Haartsen dan Sven Mattisson, yang bekerja untuk Ericsson di Lund, Swedia. Spesifikasi ini didasarkan pada frekuensi-hopping teknologi spread spektrum.
Spesifikasi yang bersifat resmi oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG). SIG secara resmi diumumkan pada 20 Mei 1998. Hari ini memiliki keanggotaan lebih dari 13.000 perusahaan di seluruh dunia. Ini didirikan oleh Ericsson, IBM, Intel, Toshiba, Motorola dan Nokia, dan kemudian bergabung dengan perusahaan lainnya.

Bluetooth v1.0 dan v1.0B

Versi 1.0 dan 1.0b memiliki banyak masalah, dan produsen mengalami kesulitan membuat produk mereka interoperable. Versi 1.0 dan 1.0b juga termasuk wajib Bluetooth alamat perangkat keras (BD_ADDR) transmisi dalam proses Menghubungkan (anonimitas render mustahil pada tingkat protokol), yang merupakan kemunduran besar untuk layanan tertentu yang direncanakan untuk digunakan dalam lingkungan Bluetooth.
  

Bluetooth v1.1

    * Ditetapkan sebagai IEEE Standard 802.15.1-2002
    
* Banyak ditemukan kesalahan dalam spesifikasi 1.0b yang tetap.
    
* Ditambahkan dukungan untuk saluran non-dienkripsi.
    
* Indikator Kekuatan Sinyal Diterima (RSSI).

Bluetooth v1.2

Versi ini kompatibel dengan 1.1 dan penambahan utama adalah sebagai berikut:
    
* Koneksi Cepat dan Discovery
    
* Adaptive frekuensi-hopping spread spectrum (AFH), yang meningkatkan ketahanan terhadap interferensi frekuensi radio dengan menghindari penggunaan frekuensi ramai di urutan hopping.
    
* Kecepatan transmisi yang lebih tinggi dalam praktek, sampai dengan 721 kbit / s, daripada di 1.1.
    
* Extended Synchronous Connections (Esco), yang meningkatkan kualitas suara audio link dengan memungkinkan transmisi ulang paket yang rusak, dan secara opsional dapat meningkatkan latency audio untuk memberikan dukungan yang lebih baik untuk transfer data secara bersamaan.
    
* Host Controller Interface (HCI) dukungan untuk UART tiga-kawat.
    
* Ditetapkan sebagai IEEE Standard 802.15.1-2005
    
* Menerapkan Flow Control dan Retransmisi Mode untuk L2CAP.
 

Bluetooth v2.0 + EDR

Versi Bluetooth Core Spesifikasi dirilis pada tahun 2004 dan kompatibel dengan versi sebelumnya 1.2. Perbedaan utama adalah pengenalan Enhanced Data Rate (EDR) untuk transfer data yang lebih cepat. Tingkat nominal EDR adalah sekitar 3 Mbit / s, meskipun data rate praktis transfer 2,1 Mbit / s. EDR menggunakan kombinasi GFSK dan modulasi Phase Shift Keying (PSK) dengan dua varian, π/4-DQPSK dan 8DPSK. EDR dapat menyediakan konsumsi daya yang rendah melalui siklus berkurang.
Spesifikasi ini diterbitkan sebagai "Bluetooth v2.0 + EDR" yang menyiratkan bahwa EDR merupakan fitur opsional. Selain EDR, ada perbaikan kecil lainnya dengan spesifikasi 2.0, dan produk dapat mengklaim kepatuhan terhadap "Bluetooth v2.0" tanpa mendukung data rate yang lebih tinggi. Setidaknya satu negara perangkat komersial "Bluetooth v2.0 tanpa EDR" pada lembar data.

Bluetooth v2.1 + EDR

 Bluetooth Core Specification 2.1 + EDR Versi sepenuhnya kompatibel dengan 1.2, dan diadopsi oleh Bluetooth SIG pada tanggal 26 Juli 2007.Fitur utama dari 2.1 adalah pasangan sederhana aman (SSP): ini meningkatkan pengalaman pasangan untuk perangkat Bluetooth, sambil meningkatkan penggunaan dan kekuatan keamanan.2.1 memungkinkan berbagai perbaikan lainnya, termasuk "respon penyelidikan Extended" (EIR), yang memberikan informasi lebih selama prosedur penyelidikan untuk memungkinkan lebih baik penyaringan perangkat sebelum koneksi, mengendus subrating, yang mengurangi konsumsi daya dalam mode daya-rendah

Bluetooth v3.0 + HS

Versi 3.0 + HS dari Bluetooth Core Specification diadopsi oleh Bluetooth SIG pada tanggal 21 April 2009. Bluetooth 3.0 + HS mendukung kecepatan transfer data teoritis hingga 24 Mbit / s, meskipun tidak melalui link Bluetooth itu sendiri. Sebaliknya, link Bluetooth digunakan untuk negosiasi dan pembentukan, dan lalu lintas data rate yang tinggi dibawa melalui link 802.11 colocated. Fitur utama baru adalah AMP (Alternate MAC / PHY), penambahan 802.11 sebagai transportasi kecepatan tinggi. Dua teknologi telah diantisipasi untuk AMP: 802.11 dan UWB, tetapi UWB hilang dari spesifikasi.
Bagian High-Speed spesifikasi tidak wajib, dan perangkat olahraga maka hanya tanda "+ HS" sebenarnya akan mendukung Bluetooth lebih transfer data kecepatan tinggi Wifi. Bluetooth 3.0 perangkat tanpa akhiran HS tidak akan mendukung High Speed, dan kebutuhan untuk hanya mendukung Unicast tanpa koneksi Data (UCD), seperti ditunjukkan pada spesifikasi Bluetooth 3.0 + HS, Vol0, bagian 4.1 Spesifikasi Konvensi Penamaan.

Bluetooth v4.0

Pada tanggal 12 Juni 2007, Nokia dan Bluetooth SIG telah mengumumkan bahwa Wibree akan menjadi bagian dari spesifikasi Bluetooth, sebagai teknologi Bluetooth ultra-rendah.Pada tanggal 17 Desember 2009, Bluetooth SIG mengadopsi teknologi Bluetooth energi rendah sebagai ciri ciri dari versi 4.0. Nama sementara Wibree dan Bluetooth ULP (Ultra Low Power) yang ditinggalkan.Pada tanggal 21 April 2010, Bluetooth SIG menyelesaikan Bluetooth Core Specification versi 4.0, yang meliputi Classic Bluetooth, Bluetooth berkecepatan tinggi dan Bluetooth protokol energi yang rendah. Bluetooth kecepatan tinggi didasarkan pada Wi-Fi, dan Classic Bluetooth terdiri dari protokol warisan Bluetooth ..

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar